Berikut Ini Manfaat Pijat Bayi Untuk Fisik dan Psikis Bayi

Perlu diketahui bahwa stimulasi pijat memiliki beberapa istilah, yakni stimulasi sentuh, pijat bayi, baby message, infant message, dan lain sebagainya. Dalam hal ini, Unit Kerja Koordinasi (UKK) Tumbuh Kembang – Pediatri Sosial Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) telah mengembangkan peran pijat sebagai bentuk stimulasi pada bayi.

Selain untuk bisa memiliki lebih banyak waktu untuk bunda dan bayi sehingga bisa membangun ikatan yang lebih dalam lagi antara anak dan bunda, ternyata pijat bayi juga memiliki banyak manfaatnya.

Manfaat Pijat Bayi Untuk Fisik dan Psikis Bayi

Dalam hal ini, menurut dr Bernie Endiarini Medisa SpA(K)MPH mengatakan bahwa pijat bayi adalah salah satu momen untuk memperkaya pengalaman sensorial dengan berbagai manfaat. Dengan demikian bisa dikatakan pijat bayi ini merupakan salah satu cara untuk menstimulusi bayi. Adapun manfaat pijat bayi untuk fisik bayi menurut dr bernie adalah sebagai berikut ini :

- Dapat membantu pengaturan fisik sistem pencernaan dan penyerapan
- Dapat membantu melancarkan sistem peredaran darah
- Dapat membantu melancarkan sistem pernapasan
- Dapat membantu meningkatkan berat badan, dalam arti bayi akan tumbuh sehat
- Dapat membantu meningkatkan sistem imunitas
- Dapat meningkatkan kualitas tidur dan memperlama masa tidur sehingga bayi bisa tidur lebih lelap dan lama. Tentunya hal ini sangat bagus untuk perkembangan memori bayi kata dr Bernie
“Selain manfaat fisik, penelitian membuktikan bahwa pijat bisa membuat ikatan antara ibu dan anak. Hal ini berarti ada manfaat emosionalnya,” ujar dr Bernie.

Sedangkan untuk manfat emosional yang bisa didapatkan dari pijat bayi ini adalah sebagai berikut :
- Dapat membuat ikatan atau bonding dengan ibu
- Anak akan lebih mudah bersosialisasi. Misalnya anak akan berupaya menjangkau tangan ibunya, tersenyum dan melakukan kontak mata
- Dapat membantu meredakan ketidaknyamanan seperti kolik dan tumbuh gigi
- Dapat menurunkan produksi hormon stres dalam arti bayi selalu riang
- Dapat mengurangi rewel
- Dapat membantu bayi untuk latihan relaksasi

Cara Memijat Bayi Yang Benar

1. Pertama usap telapak kaki dan tangan bayi menggunakan ibu jari dari arah tumit kaki ke arah jari-jari kaki.
2. Lalu usap tungkai dan betis bayi dari arah pangkal paha dengan gerakan melingkar.
3. Untuk memijat tangan, lakukan gerakan yang sama dengan memijat kaki, yaitu mengusap telapak tangan dan mengusap lengan dengan gerakan melingkar.
4. Silangkan tangan di atas perut dan dada bayi, kemudian pijat area ini dengan gerakan menyilang.
5. Letakkan ibu jari di perut bayi, lalu usap searah dengan jarum jam.
6. Pijat kepala serta wajah bayi searah jarum jam.
7. Kemudian tengkurapkan bayi, lalu usap dan berikan pijatan lembut dari leher sampai ke bokongnya.
8. Pada saat proses pijat berlangsung, bunda bisa sambil bersenandung, membacakan cerita, ataupun mengajaknya mengobrol. Selain itu, sentuh bayi bunda dengan lembut dan hindari gerakan menekan atau menggelitik karena akan membuat bayi tidak nyaman. 
9. Perhatikan juga bagaimana respons bayi. Jika ia menggoyang-goyangkan lengannya dan tampak senang, itu artinya ia menikmati pijatan yang bunda berikan. Namun, jika bayi nampak gelisah atau bahkan sampai menangis, maka segera hentikan pijatan dan coba lagi di lain waktu.

Walaupun sekarang ini sudah banyak tutorial pijat bayi di internet, namun anda bisa mengikuti kelas pijat bayi yang diadakan oleh terapis yang sudah memiliki sertifikat. Selain untuk lebih memahami manfaat pijat bayi serta gerakan memijat yang benar, dengan mengikuti kelas pijat bayi bersama pasangan bisa membuat anda bersama pasangan menjadi lebih dekat dengan bayi. Demikianlah informasi kali ini semoga bermanfaat.
Share:

0 komentar:

Post a Comment